Kamis, 21 Februari 2019

Cara Reset Manual Printer Epson L130 L110 L210 L300 L120 L310 Dengan Mudah

Cara Reset Manual Printer Epson L130 L110 L210 L300 L120 L310 Dengan Mudah - Setiap printer pasti pada suatu saat akan berhenti bekerja dan harus dilakukan reset. Reset disini adalah mengembalikan data pada memory printer seperti printer baru dipakai pertama kali.

Cara Reset Manual Printer Epson L130 L110 L210 L300 L120 L310 Dengan Mudah
Cara Reset Manual Printer Epson

Sebuah printer yang harus direset biasanya menunjukan indikator tertentu yang khas sesuai dengan jenis dan printer tersebut. Untuk tulisan ini saya akan berbagi bagaimana cara reset printer Epson L Series seperti Epson L310, L120 dan yang lainya ( Printer Epson L Series).

Gejala Printer Epson Harus direset Manual 


Untuk printer Epson L series ini ada beberapa gejala yang menandakan bahwa printer harus di reset secara manual. Gejala yang muncul bisa dilihat pada indikator printer maupun pada komputer yang terkoneksi dengan printer tersebut.

Berikut ini tanda atau gejala printer Epson L 110 L310 L220 L300 dl yang harus direset manual:
  1. Lampu indikator tinta menyala (tidak berkedip)
  2. Printer tidak bisa digunakan untuk mencetak baik gambar maupun cetak text
  3. Muncul pesan error It is nearly time to reset the ink levels atau Ink Run Out atau  atau  muncul pesan it is time to reset the ink level pada Pc atau Laptop yang terkoneksi dengan printer
Jika gejalanya seperti itu langsung saja direset dengan cara manual tanpa harus menggunakan software seperti reseter dan sebagainya. Namun jika indikator tinta menyala bergantian dengan indikator kertas, tidak bisa direset secara manual namun harus pakai reseter atau adjustment program.


Langkah Reset Printer Epson L Series ( epson L130 L110 L210 L300 L120 L310 L360 L365) dengan cara manual


Berikut ini adalah langkah-langkah cara mereset printer epson seri L yang lampu indikatornya menyala:
  1. Nyalakan printer kemudian tunggu sampai standby
  2. Perhatikan tombol yang ada pada printer 
  3. Tekan tombol printer yang ada indikator tintanya (yang indikatornya menyala)
  4. Cara tekannya pakai pola berikut ini: tekan tombol selama 10 detik kemudian lepas 
  5. Jika lampu indikator tinta tetap menyala, tekan lagi tombolnya dengan pola berikut : tekan tombol tinta selama 5 detik - lepas- tekan lagi 3 detik - lepas - tekan lagi 1 detik - lepas
  6. Jika lampu indikator masih menyala silahkan ulangi lagi 
Jika cara diatas tidak mempan biasanya disebabkan karena switch atau tombolnya sudah kotor atau rusak, sehingga harus diganti dulu tombolnya kemudian lakukan lagi cara di atas. 

Jika tidak mungkin untuk menggantinya cukup dengan disemprot tombolnya dengan cairan contact cleaner kemudian coba lakukan reset lagi secara manual. atau juga cara resetnya bisa dengan cara konsletkan langsung tombol nya dengan menggunakan pinset.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mereset printer secara manual tanpa reseter.  Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

0 Comments

Posting Komentar